Senin, 18 Agustus 2008

PENDIDIKAN KAMPUS DI KAMPUS PENDIDIKAN

PENDIDIKAN KAMPUS DI KAMPUS PENDIDIKAN

Kampus Pendidikan merupakan sentra transformasi pendidikan di Indonesia. Para calon pengajar yang akan terjun di dunia pendidikan Indonesia akan dibentuk jiwa serta mentalnya menjadi pribadi unggul yang mampu menantang kecepatan kemajuan dan pertumbuhan teknologi dan informasi serta mengglobalnya ilmu pengetahuan dalam wadah kampus pendidikan. Supaya tidak ketinggalan, pemerintah melalui programnya dalam pendidikan nasional hendaknyalah mampu menciptakan kebijakan dan segala sesuatu yang dapat memberikan kemudahan akses supaya kampus pendidikan benar-benar esensial dengan peningkatan dan pertumbuhan negara Indonesia.

Yang lebih penting adalah pembenahan sistem pendidikan di kampus pendidikan. Dengan kata lain Pendidikan Kampus di Kampus Pendidikan harus direposisi dan mahasiswa yang mengalami transformasi di dalam kampus pendidikan harus benar-benar mampu menunjukkan eksistensinya tidak hanya di dalam kampus tetapi di dunia pendidikan dimana para mahasiswa tersebut akan menjadi penyokong dan pilar pendidikan di negara ini. Ironisnya, kampus pendidikan seolah-olah ogah membuat sistem pendidikan yang membuat para mahasiswanya berkompetisi satu sama lainya secara fair. Ini yang menjadi masalah besar. Dari tugas yang copy-paste sesama mahasiswa, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester yang menjadi semacam simbol karena tidak ketatnya pengawasan terhadap mahasiswa, lirik sana-lirik sana, adalah sebagian penyakit kronis yang menggerogoti mental para calon guru.

Para mahasiswa akan lulus dengan predikat “baik”, namun efek sampingan yang dibawanya benar-benar mengerikan. Sepele namun fatal. Mental seperti itu akan di bawa para guru ke sekolah-sekolah dan penerapannya seperti virus yang mewabah tanpa ampun. Banyak guru yang tidak menguasai bahan ajarnya dan ini bukan menjadi rahasia umum. Kebiasaan-kebiasaan seperti ini sudah menjadi tradisi yang mengakar dengan kokohnya di Indonesia. Akan kemana negara ini, bila adat istiadat yang seperti ini selalu diwariskan ke generasi yang lebih muda? Kapan negara ini akan mampu bersaing dengan negara dunia ketiga semisal negara benua Afrika yang sudah lebih maju dari Indonesia.

Harus ada perombakan yang menyeluruh mengenai sistem Pendidikan Kampus di Kampus Pendidikan. Mahasiswa harus dibuat benar-benar mengerti akan tugas dan tanggung jawabnya saat ini dan di masa depan. Kewajiban mahasiswa adalah berkarya sebagai mahasiswa dan bila menjadi guru dia harus berkarya dan memberikan sumbangsih yang memiliki makna bagi negara yang keropos ini. Kampus Pendidikan dengan segenap staff dan unsur yang ada didalamnya harus mampu membuat perencanaan program yang matang dan berorientasi pada perkembangan paradigma mahasiswa, serta harus diadakan evaluasi rutin yang mampu mengeliminasi penyimpangan dan timbulnya hal yang bersifat kontra konstruktif.

Bila pemerintah mampu menciptakan iklim pendidikan yang baik negara ini, sistem Pendidikan Kampus di Kampus Pendidikan dibenahi, maka guru yang merupakan output dari transformasi di kampus pendidikan akan memiliki kualitas nomor wahid. Negara Kesatuan Republik Indonesia ini akan dihormati tidak hanya oleh negara tetangga tetapi menjadi mercu suar bagi negara lain dalam hal perkembangan teknologi, kemasyarakatan, hukum dan aspek lainnya. Kita tidak akan mengekspor barang mentah tetapi mengekspor barang jadi dengan kualitas Amerika Serikat dan kuantitas China. TKI dan TKW? Maaf negara ini hanya menyediakan tenaga kerja unggulan bukan tenaga kerja kasar. Ini bukan mimpi……………..

NAMA : DEDDY E Y S

PENDIDIKAN AKUNTANSI REGULER 2005

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ALAMAT : Jalan Sutomo 3 No.12 A Jakarta Timur

NO ID :

1. KTP: 02.0112.301286.0001

2. No. Registrasi Mahasiswa: 8315052507

Nomor Telepon : 021-71148376

LA VIDA LOCA